Friday, November 9, 2012

Menggunakan Modifikasi Tool ( Scale )



Menggunakan Modifikasi Tool ( Scale )




Sebuah tool yang berfungsi untuk merubah ukuran suatu objek gambar baik di perkecil atau diperbesar.

  • Skala dengan metode biasa

Merubah objek lama menjadi objek yang baru lebih besar maupun lebih kecil ukuranya dari objek awal dengan menghilangkan objek awal.






Caranya : klik ikon Scale pada toolbar / ketik Scale pada kolom perintah→ enter → pilih objek → Enter → tentukan titik dasar penskalaan → masukan nilai pensklaan → enter/OK.

  • Skala dengan metode copy

Merubah objek lama menjadi objek yang baru lebih besar maupun lebih kecil ukuranya dari objek awal tetapi dengan tidak menghilangkan objek awal.






Caranya : klik ikon Scale pada toolbar / ketik Scale pada kolom perintah→ enter → pilih objek → Enter → tentukan titik dasar penskalaan → Ketik Copy → enter → masukan nilai pensklaan → enter/OK.
  • Skala dengan metode referency

Merubah objek lama menjadi objek yang baru yang ukuranya lebih besar maupun lebih kecil dari objek awal berdasarkan ketentuan nominal panjang yang kita inginkan.






Caranya : klik ikon Scale pada toolbar / ketik Scale pada kolom perintah→ enter → pilih objek → Enter → tentukan titik dasar penskalaan → Ketik Reference → enter → masukan nilai panjang objek awal → masukan nilai panjang objek yang kita inginkan → enter/OK.

  • Skala dengan Gabungan metode Copy dan Referency
Merubah objek lama menjadi objek yang baru yang ukuranya lebih besar maupun lebih kecil dari objek awal berdasarkan ketentuan nominal panjang yang kita inginkan,tetapi tidak menghilangkan objek awal.


Caranya : klik ikon Scale pada toolbar / ketik Scale pada kolom perintah→ enter → pilih objek → Enter → tentukan titik dasar penskalaan → Ketik Copy → enter → Ketik Reference → enter → masukan nilai panjang objek awal → masukan nilai panjang objek yang kita inginkan → enter/OK.
 
 
 

2 comments:

Silahkan Memberikan kritik & saran anda :