Thursday, September 27, 2012

Pengertian Pancasila Sebagai SUmber NIlai


Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai dasar yang ada sepanjang sejarah perjuangan bangsa dan nilai- nilai itu diangkat dari kebudayaan kita sendiri, baik didaerah maupun dari peluang yang termuat dalam pasal 18 dan nilai kultural dari pasal 32 UUD 1945.

Bagi bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah Pancasila. Hal ini berarti bahwa seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagi dasar moral atau norma dan tolok ukur tentang baik buruk dan benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku bangsa Indonesia.

Nilai- nilai yang ada itu perlu dipahami dan diamalkan oleh semua warga negara, mengerti dan menyadari bahwa Pancasila sebagai sumber nilai, baik nilai dasar yang bersifat abadi dalam Pembukaan UUD 1945, nilai instrumentalnya, maupun nilai praksisnya dalam kehidupan sehari-hari yang nyata dilaksanakan oleh masyarakat luas. Nilai-nilai dari sila-sila Pancasila mengamanatkan kepada warga negara Indonesia untuk selalu mengingat semangat religi, memuliakan martabat manusia, kesatuan dan persatuan bangsa, demokrasi, serta keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dalam wujud yang selalu tumbuh dan berkembang semakin baik. Banyaknya pendapat-pendapat tentang metode pengoperasian nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah wajar.

Dalam era reformasi terkandung kebutuhan untuk mengembangkan seperangkat nilai instrumental dan nilai praksis dalam Pancasila. Untuk itu, kita harus merenungkan, mengutarakan pikiran dengan lisan dan tulisan, dan berkumpul untuk mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan nilai-nilai kedaulatan rakyat.

Demikianlah sekelumit pembahasan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah dilaksanakan dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan demikian, karena Pancasila merupakan sumber nilai di indonesia, maka semua nilai yang berkembang tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.

2 comments:

Silahkan Memberikan kritik & saran anda :